CARA MEMPERKUAT TULANG AYAM BANGKOK MENJADI KUAT DAN TANGGUH

CARA MEMPERKUAT TULANG AYAM BANGKOK MENJADI KUAT DAN TANGGUH

CARA MEMPERKUAT TULANG AYAM BANGKOK MENJADI KUAT DAN TANGGUH

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi untuk para penggemar ayam aduan terutama ayam bangkok, topik pembahasan yang akan kita ulas adalah tentang cara memperkuat tulang ayam bangkok menjadi kuat dan tangguh. Agar memiliki ayam bangkok yang sangat kuat dan tangguh diperlukan perawatan yang maksimal agar tulang menjadi kuat, kesehatan ayam juga harus selalu diperhatikan dengan memberikan berbagai asupan tambahan seperti vitamin serta makanan yang banyak mengandung kalsium. Salah satu asupan yang banyak mengandung kalisum adalah B Komplek, karena banyak sekali mengandung vitamin D yang bagus untuk perkembangan tulang ayam bangkok. 

Pemberian vitamin secara teratur bukan saja akan memperkuat tulang pada ayam bangkok, akan tetapi menambah stamina serta memperbaiki perkembangan tubuh pada ayam bangkok terutama untuk yang masih berumur 3 bulan. Pemberian makanan juga harus diperhatikan dengan baik, anda bisa memberikan makanan berupa pur 594 yang dicampur dengan telur ayam. Akan tetapi apabila dana yang anda miliki terbatas maka anda bisa memberikan makanan yang di racik sendiri seperti bekatul, jagung yang ditambah optima eggs dengan perbandingan 1 kg untuk bekatul halus.

Cara memperkuat tulang ayam bangkok menjadi kuat dan tangguh bisa juga dilakukan dengan melakukan penjemuran ayam pada pagi hari dibawah sinar matahari, selain ayam akan mendapatkan banyak vitamin D juga akan memperoleh rasa hangat yang sangat alami dari sinar matahari tersebut. Penjemuran di pagi hari sangat penting sekali selain menambah kuat tulang ayam peliharaan ayam juga akan menjadi lebih sehat seperti misalnya menjadi lebih lincah dan bersemangat.

Untuk memperkuat tulang ayam menjadi kuat sebaiknya hindari pemberian laktat atau kalk, sebab pemberian laktat dapat mempercepat pertumbuhan tulang ayam bangkok menjadi panjang. Tubuh ayam bangkok yang memiliki fisik panjang dapat mempersulit ketika ayam sedang di adu, karena gerakannya dinilai menjadi kurang lincah. Untuk itu disarankan agar memberikan asupan dan penambahan vitamin secara alami dan dalam komposisi yang tepat atau tidak berlebihan.

Semakin hari pertumbuhan ayam bangkok akan menjadi tumbuh besar, untuk membantu pertumbuhan tulang dan otot ayam bangkok terutama menjelang usia 7 bulan ayam di setiap pagi hari dan sore hari sebaiknya diberikan kaitong dengan komposisi sebanyak 1 butir setiap pagi dan setiap sore harinya. Cara mendapatkan kaitong sangat mudah sebab sudah banyak dijumpai pada toko unggas terutama yang menjual makanan ternak.

Ketika ayam bangkok memasuki usia 8 bulan maka hasil dari perawatan seperti di atas akan terlihat, ayam bangkok anda akan terlihat sangat sehat dengan postur tulang dan otot sangat terisi dan kokoh. Istimewanya adalah ayam bangkok yang mendapatkan perawatan seperti di atas akan lebih tahan terhadap pukulan lawan dan juga benturan ketika sedang di adu di dalam arena sabung ayam, selain itu kondisi fisik akan kebal terhadap berbagai macam penyakit.

Di atas adalah cara memperkuat tulang ayam bangkok menjadi kuat dan tangguh yang bisa anda gunakan dan anda terapkan untuk mendapatkan hasil ayam bangkok peliharaan menjadi sehat dan kuat, hal yang harus anda perhatikan agar ayam bangkok menjadi kuat dan tangguh yaitu dengan memberikan pola latihan yang tepat serta memperhatikan kebersihan kandang. Karena apabila kandang selalu terjaga dan bersih maka kuman atau bakteri akan berkurang, dan memberikan rasa nyaman terhadap ayam bangkok aduan anda.