CARA MENGATASI DAN MENGOBATI AYAM BANGKOK CACINGAN

CARA MENGATASI DAN MENGOBATI AYAM BANGKOK CACINGAN

Kali ini kami akan kembali membahas cara mengatasi dan mengobati ayam bangkok cacingan untuk ayam peliharaan anda, Jenis penyakit cacing memang sering sekali menyerang ayam bangkok dan mengakibatkan ayam akan sering sakit serta terlihat sangat lesu.

CARA MENGATASI DAN MENGOBATI AYAM BANGKOK CACINGAN

Jika saja ayam bangkok mengalami gejala cacingan maka harus segera diobati sebab apabila di diamkan saja maka semakin lama kondisi kesehatan ayam akan menjadi menurun dan menyebabkan ayam gampang sakit bahkan mati.

Penyebab ayam cacingan disebabkan oleh adanya serangan parasit cacing, biasanya menyerang pada ayam bangkok yang berusia beranjak remaja hingga dewasa. Namun terkadang ayam bangkok yang masih kecil juga bisa terkena penyakit cacingan akan tetapi sangat jarang dan perbandingannya 70 : 30.

Ciri gejala ayam bangkok yang tengah mengalami cacingan bisa anda lihat dengan memiliki ciri kondisi ayam sangat lemas, napsu makan berkurang berat badan turun drastis, diare dan ayam bangkok selalu gelisah.

Permasalahan cacingan pada ayam bangkok kesayangan ini memang jenis penyakit ayam yang tidak terlalu berbahaya, Namun hanya saja ayam bangkok bila sudah terinfeksi dan dibiarkan maka ayam bisa mengalami kematian yang diakibatkan oleh serangan cacing. Ada pepatah mengatakan mencegah lebih baik mengobati, dan hal ini adalah benar.

Ada beberapa cara untuk mengobati ayam bangkok yang terkena penyakit cacingan agar parasit cacing tersebut mati dan tidak mempengaruhi kesehatan ayam anda, seperti misalnya menjaga kebersihan kandang dan juga memperhatikan kebersihan pakan yang akan diberikan kepada ayam kesayangan anda. Sebab permasalahan yang perlu kalian perhatikan, kebersihan lingkungan menjadi faktor pertama untuk mencegah cacing pada.

Membersihkan lingkungan di sekitar kandang, untuk tempat pakan, minum juga dari peralatan lain yang mungkin dapat kalian gunakan sehari-hari diusahakan pada kondisi yang bersih sehingga mampu mengurangi bakteri yang berada pada pakan dan kandang ayam kesayangan anda.

PEMBERIAN ANTIBIOTIK AYAM BANGKOK YANG TERSERANG PENYAKIT CACINGAN

Pemberian antibiotik memang sangat perlu untuk di lakukan, untuk pemberian antibiotik yang berupa Caricid bagi ayam yang memasuki umur 3 (Tiga) bulan. Antibiotik tersebut  yang dicampur menggunakan air minum juga menggunakan dosis sesuai isi kemasan. Selain itu, kalian juga bisa berikan tambahan Premik.

Untuk Cara penggunaannya bisa dicampurkan bersama pakan ayam. Untuk cara pengobatan penyakit ayam bangkok cacingan ini memang bisa dengan cara pemberian obat cacing. Tetapi, sebelum memberikan obat cacing, alangkah baiknya kalian harus selalu mengenali jenis cacing yang tengah menyerang ayam bangkok tersebut.

Prosedur ini dimaksudkan, memang benar dan sesuai cara pemberian obat dengan tujuan cacing benar-benar mati juga hilang pada bagian tubuh ayam bangkok. Sebab ada beberapa jenis cacing yang bisa menyerang tubuh ayam anda.

JENIS ANTIBIOTIK PENGOBATAN DAPAT KALIAN BELI DIAPOTIK DAN JUGA  TOKO UNGGAS SEPERTI BERIKUT :

  • PIPERAZIN
  • LEVAMIZOL
  • NIKLOSAMIDA
  • IVERMECTIN

Obat obatan seperti diatas bisa anda dapatkan di toko toko kesehatan seperti apotek atau toko yang menjual perlengkapan unggas, namun sebelum memberikan obat sebaiknya perhatikan dosis yang sudah dianjurkan dengan membaca dan mengikuti cara aturan penggunaannya. Jangan sampai dosis yang diberikan berlebihan atau kurang sebab ditakutkan hasilnya kurang efektif.

Demikian artikel yang bisa kami berikan untuk cara mengatasi dan mengobati ayam bangkok cacingan, penjelasan diatas bisa anda ikuti agar mendapatkan ayam bangkok yang sehat dan terbebas dari serangan penyakit cacingan yang bisa menyerang semua hewan peliharaan seperti unggas atau ayam bangkok.