Cara Mengenal Ukuran Dan Tipe Bertarung Ayam Laga Bangkok

Cara Mengenal Ukuran Dan Tipe Bertarung Ayam Laga Bangkok

Pada kesempatan kali ini admin akan memulai bahasan mengenai cara mengenal ukuran dan tipe bertarung ayam laga bangkok. Sebagai penggemar ayam aduan atau ayam laga seharusnya kita sudah tahu akan hal ini, mengetahui kemampuan bertarung ayam yang kita miliki tentunya sangatlah penting ketika nanti akan dipakai dalam arena laga.

Cara Mengenal Ukuran Dan Tipe Bertarung Ayam Laga Bangkok

Di setiap laga pertarungan ayam laga bangkok maka ayam yang akan ikut pertarungan harus lebih dulu melalui seleksi dengan cara membedakan ukuran tubuhnya masing masing, misalkan ayam bangkok tersebut memiliki ukuran yang kecil maka harus ditempatkan pada ayam bangkok yang kecil juga, begitu juga sebaliknya apabila ukuran ayam bangkok tersebut besar maka akan ditempatkan pada ukuran yang memiliki kondisi tubuh yang besar.

Sebagian penggemar ayam laga bangkok ada yang akan membedakan ukuran dari setiap ayam laga bangkok berdasarkan ukuran, maksud dari pembedaan ukuran tersebut adalah agar setiap ayam mendapatkan lawan untuk laga tarung yang seimbang.

Cara yang dilakukan dengan menimbang berat tubuh ayam laga bangkok terlebih dahulu dan menempatkan pada ukuran yang sudah ditentukan oleh juri, sehingga setiap akan yang berlaga dipastikan akan mendapatkan lawan untuk laga bangkok yang seimbang. 

Cara Mengenal Ukuran dan Tipe Bertarung Ayam Laga Bangkok

Ada beberapa cara mengenal ukuran dan tipe bertarung ayam laga bangkok dan terbagi ke dalam beberapa kelas, dan salah satunya adalah ayam laga bangkok akan di bagi kelasnya berdasarkan ukuran masing masing.

Ayam laga bangkok petarung yang akan berlaga berdasarkan bobot badannya, dapat dibedakan lagi menjadi dua kelas, yaitu kelas berat dan kelas ringan. Agar tidak menjadi lebih penasaran maka untuk mengetahuinya lebih lanjut mengenai kelas berat dan juga kelas ringan, simak selengkapnya penjelasan di bawah ini.

Ciri-ciri ayam jantan kategori kelas ringan

Ayam dewasa yang dikategorikan sebagai kelas ringan adalah 4 kg. Ayam bangkok petarung dengan bobot kelas ringan ini memiliki sifat yang sangat gesit dan sikap badannya yang sangat tegak. Pada saat akan melawan musuhnya akan berjalan dengan lancar. Pukulan ayam petarung kelas ringan juga terbilang kuat yang akan menyebabkan lawannya menjadi tidak dapat bergerak.

Karena itulah, jangan sekali-kali menyepelekan jika ada lawan yang ringan karena walaupun badan ayam petarung tersebut ringan atau kecil tapi dibalik itu semua ternyata ayam petarung ini memiliki kemampuan dapat melawan musuhnya hanya sebentar saja. Pada umumnya, di dalam pertarungan ayam bangkok, biasanya ayam yang berada di kelas ringan akan dipertandingkan dengan ayam sesama kelas ringan juga. Pertarungan biasanya dilakukan di sebuah arena sabung kecil.

Ciri-ciri dari ayam jantan kategori kelas ringan adalah sebagai berikut.

  • Bentuk Kepala

Ayam jantan petarung memiliki bentuk kepala yang memiliki kategori kelas ringan adalah bentuk kepalanya panjang, runcing, dan tipis.

  • Bentuk Badan

Ayam jantan petarung juga memiliki bentuk badan ramping dan juga sangat ringan sehingga mudah melawan musuh – musuhnya.

Ciri-ciri fisik ayam jantan kategori kelas berat

Ayam jantan kategori kelas berat pada umumnya akan di tarungkan pada arena sabung yang besar. Ciri-ciri dari ayam jantan petarung yang berada pada kategori kelas barat adalah sebagai berikut.

  • Bentuk Kepala

Bentuk kepala dari ayam jantan kategori kelas berat adalah bentuknya seperti buah pinang. Termasuk ayam yang memiliki paruh kuat dan bentuknya yang melengkung.

  • Bentuk bulu badan

Memiliki bulu badan yang pendek. Jika dipegang terkesan keras walaupun jika dilihat dari kejauhan bulu ayam ini sangat mengkilap dan terkesan halus.

Semoga artikel admin dapat memberikan informasi bagi para pembaca. Sekian dulu ulasan admin mengenai cara mengenal ukuran dan tipe bertarung ayam laga bangkok, jika ada saran serta informasi terbaru admin persilakan untuk memberikan masukan serta informasinya di kolom komentar. Terima kasih.